Saturday, 25 May 2013

Contoh RPP Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah
:
SMK KRIAN 2
Mata Pelajaran
:
Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
Kelas / Semester
:
XI / 1 (Ganjil)
Pertemuan ke-
:
1 dan 2
Alokasi Waktu
:
8 jam pelj. @ 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
Kompetensi Dasar
:
9.1. Menggunakan Software Teks Multimedia


*            INDIKATOR
1.   Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang diperlukan (hard copy atau screen)
2.   Pemasukan dan pengeluaran software yang dipilih ditampilkan dan peralatan fitur program digunakan secara benar
3.   Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang tertentu

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian CD interaktif
2. Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan CD interaktif
3. Peserta didik dapat menjelaskan cara mengembangkan CD interaktif
Pertemuan 2 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah perencanaan media interaktif
2.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penyusunan konsep naratif
3.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penyusunan desain
4.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pembuatan diagram alir
5.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pengumpulan bahan


II.     MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.   Pengoperasian software multimedia
2.   Pengertian dan kegunaan CD Interaktif
3.   Pengembangan CD Interaktif
Pertemuan 2 :
1.   Perencanaan Media Interaktif
2.   Penyusunan konsep naratif dan desain
3.   Pembuatan diagram alir
4.   Pengumpulan bahan CD Interaktif

III. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran Langsung
2. Tanya Jawab
3. Praktikum
4. Pemberian Tugas

IV.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang pengertian CD interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh CD interaktif dgn menggunakan program Flash

2.
Kegiatan Inti
115 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan pengertian CD interaktif
·      Guru menjelask kegunaan CD interaktif
·      Guru menjelaskan  cara mengembangkan CD interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara mengembangkan CD interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara mengembangkan CD interaktif dgn program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik.

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara mengembangkan CD interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


Pertemuan 2 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: merancang media CD interaktif menggunakan program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh media CD interaktif menggunakan program Flash

2.
Kegiatan Inti
205 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan langkah-langkah perencanaan media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah penyusunan konsep naratif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah penyusunan desain
·      Guru menjelaskan langkah-langkah pembuatan diagram alir
·      Guru menjelaskan langkah-langkah pengumpulan bahan
Membimbing pelatihan
·      Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat perencanaan media interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara membuat perencanaan media interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang langkah-langkah membuat perencanaan media interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


V.    SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.   Buku tentang Flash (Tutorial membangun multimedia interaktif: Media pembelajaran, penerbit universitas Atma Jaya Yogyakarta. Halaman 1-6)/buku sejenis
2.   Program Macromedia Flash MX/ Macromedia Flash 8/Adobe Flash CS3
3.   Komputer/laptop
4.   LCD proyektor

VI.    PENILAIAN
1.   Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.   Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat melaksanakan praktik
3.   Tugas rumah, download contoh CD interaktif  dan media interaktif menggunakan Flash






Krian, 21 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah





Drs. DWI PRASETIYA
NIP. 19580111 198603 1 005

Guru Bidang Studi





FAJAR INGGIT, S.KOM


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah
:
SMK KRIAN 2
Mata Pelajaran
:
Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
Kelas / Semester
:
XI / 1 (Ganjil)
Pertemuan ke-
:
3 s.d 5
Alokasi Waktu
:
28 jam pelj. @ 45 menit
Standar Kompetensi
:
Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
Kompetensi Dasar
:
9.2. Mendesain teks multimedia


*       INDIKATOR
1.   Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan dengan menggunakan software yang telah dipilih
2.   Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters, jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan
3.   Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan dengan menggunakan software yang telah dipilih
4.   Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian multimedia yang telah dipilih
5.   Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan multimedia
6.   Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai dengan pekerjaan yang dilaksanakan

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat media interaktif
2.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat filter input nama pengguna
3.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat filter input password
Pertemuan 4 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman petunjuk media interaktif
2.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman pengantar media interaktif
3.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman sumber media interaktif
4.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman penyusun media interaktif
Pertemuan 5 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman materi media interaktif
2.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman latihan media interaktif
3.   Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman evaluasi media interaktif

II.     MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.     Prinsip-prinsip tipografi
2.     Pembuatan teks untuk keperluan multimedia
3.     Pembuatan Media Interaktif
4.     Pembuatan filter input nama pengguna dan password

Pertemuan 4 :
1.     Langkah-langkah membuat halaman petunjuk media interaktif
2.     Langkah-langkah membuat halaman pengantar media interaktif
3.     Langkah-langkah membuat halaman sumber media interaktif
4.     Langkah-langkah membuat halaman penyusun media interaktif

Pertemuan 5 :
5.     Langkah-langkah membuat halaman materi media interaktif
6.     Langkah-langkah membuat halaman latihan media interaktif
7.     Langkah-langkah membuat halaman evaluasi media interaktif

III.  METODE PEMBELAJARAN
1.   Metode Pembelajaran Langsung
2.   Tanya jawab
3.   Praktikum
4.   Pemberian Tugas

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN


Pertemuan 3 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang langkah-langkah membuat media interaktif menggunakan program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh media interaktif menggunakan program Flash

2.
Kegiatan Inti
405 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat filter input nama pengguna
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat filter input password
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat media  interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara membuat media  interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang langkah-langkah membuat media interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


Pertemuan 4:
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan halaman media interaktif menggunakan program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh halaman media interaktif menggunakan Flash

2.
Kegiatan Inti
430 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman petunjuk media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman pengantar media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman sumber media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman penyusun media interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat halaman  media  interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara membuat halaman media  interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang langkah-langkah membuat halaman media interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


Pertemuan 5:
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan halaman media interaktif menggunakan program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh halaman media interaktif menggunakan Flash

2.
Kegiatan Inti
430 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman materi media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman latihan media interaktif
·      Guru menjelaskan langkah-langkah membuat halaman evaluasi media interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat halaman  media  interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara membuat halaman media  interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang langkah-langkah membuat halaman media interaktif dengan menggunakan program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah



V.       SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.   Buku tentang Flash (Tutorial membangun multimedia interaktif: Media pembelajaran, penerbit universitas Atma Jaya Yogyakarta. Halaman 43-76)/buku sejenis
2.   Program Macromedia Flash MX/Macromedia Flash 8/Adobe Flash CS3
3.   Komputer/laptop
4.   LCD proyektor

VI.    PENILAIAN
1.   Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.   Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat melaksanakan praktik
3.   Tugas rumah, download contoh media interatif menggunakan Flash







Krian, 21 Juli 2011
Mengetahui
Kepala Sekolah





Drs. DWI PRASETIYA
NIP. 19580111 198603 1 005

Guru Bidang Studi





FAJAR INGGIT, S.KOM


No comments:

Post a Comment

Domain&Hosting Murah