RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMK KRIAN 2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Menggabungkan teks ke dalam sajian
multimedia
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI / 1 (Ganjil)
|
Pertemuan ke-
|
:
|
1 dan 2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 jam pelj. @ 45 menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Menggabungkan teks ke dalam sajian
multimedia
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1. Menggunakan Software Teks Multimedia
|
INDIKATOR
1.
Software yang sesuai dinilai dan dipilih untuk media yang
diperlukan (hard copy atau screen)
2.
Pemasukan dan pengeluaran software yang dipilih ditampilkan
dan peralatan fitur program digunakan secara benar
3.
Teks disimpan dan dibuka menggunakan format file yang
tertentu
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian CD interaktif
2.
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan CD interaktif
3.
Peserta didik dapat menjelaskan cara mengembangkan CD
interaktif
Pertemuan 2 :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah perencanaan
media interaktif
2.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penyusunan
konsep naratif
3.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah penyusunan
desain
4.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pembuatan
diagram alir
5.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah pengumpulan
bahan
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.
Pengoperasian
software multimedia
2.
Pengertian dan
kegunaan CD Interaktif
3.
Pengembangan CD
Interaktif
Pertemuan 2 :
1.
Perencanaan
Media Interaktif
2.
Penyusunan
konsep naratif dan desain
3.
Pembuatan
diagram alir
4.
Pengumpulan
bahan CD Interaktif
III. METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran Langsung
2.
Tanya Jawab
3.
Praktikum
4.
Pemberian Tugas
IV.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
· Guru menyampaikan indikator hasil
belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu:
memberikan penjelasan tentang pengertian CD interaktif dengan menggunakan
program Flash
· Guru memotivasi Peserta didik dengan
memberikan contoh CD interaktif dgn menggunakan program Flash
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
115 menit
|
Mendemonstrasikan pengetahuan
· Guru menjelaskan pengertian CD
interaktif
· Guru menjelask kegunaan CD interaktif
· Guru menjelaskan cara mengembangkan CD interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik
cara mengembangkan CD interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
· Guru memeriksa pemahaman Peserta didik
tentang cara mengembangkan CD interaktif dgn program Flash
· Guru memberikan umpan balik terhadap
pemahaman Peserta didik.
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
· Guru bersama Peserta didik merangkum
materi tentang cara mengembangkan CD interaktif dengan menggunakan program
Flash
· Guru memberikan materi lanjutan berupa
evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
Pertemuan 2 :
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
· Guru menyampaikan indikator hasil
belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu:
merancang media CD interaktif menggunakan program Flash
· Guru memotivasi Peserta didik dengan
memberikan contoh media CD interaktif menggunakan program Flash
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
205 menit
|
Mendemonstrasikan pengetahuan
· Guru menjelaskan langkah-langkah
perencanaan media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
penyusunan konsep naratif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
penyusunan desain
· Guru menjelaskan langkah-langkah
pembuatan diagram alir
· Guru menjelaskan langkah-langkah
pengumpulan bahan
Membimbing pelatihan
· Guru membimbing praktek Peserta didik
cara membuat perencanaan media interaktif dengan menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
· Guru memeriksa pemahaman Peserta didik
tentang cara membuat perencanaan media interaktif dengan menggunakan
program Flash
· Guru memberikan umpan balik terhadap
pemahaman Peserta didik
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
· Guru bersama Peserta didik merangkum
materi tentang langkah-langkah membuat perencanaan media interaktif dengan
menggunakan program Flash
· Guru memberikan materi lanjutan berupa
evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
V.
SUMBER,
BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.
Buku tentang Flash (Tutorial membangun multimedia interaktif:
Media pembelajaran, penerbit universitas Atma Jaya Yogyakarta. Halaman
1-6)/buku sejenis
2.
Program Macromedia Flash MX/ Macromedia Flash 8/Adobe Flash
CS3
3.
Komputer/laptop
4.
LCD proyektor
VI.
PENILAIAN
1.
Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.
Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat
melaksanakan praktik
3.
Tugas rumah, download contoh CD interaktif dan media interaktif menggunakan Flash
Krian,
21 Juli 2011
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. DWI PRASETIYA
NIP.
19580111 198603 1 005
|
Guru Bidang Studi
FAJAR INGGIT, S.KOM
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMK KRIAN 2
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Menggabungkan teks ke dalam sajian
multimedia
|
Kelas / Semester
|
:
|
XI / 1 (Ganjil)
|
Pertemuan ke-
|
:
|
3 s.d 5
|
Alokasi Waktu
|
:
|
28 jam pelj. @ 45 menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.2. Mendesain teks multimedia
|
INDIKATOR
1.
Teks yang menggabungkan prinsip-prinsip typografi diciptakan
dengan menggunakan software yang telah dipilih
2.
Permasalahan huruf elektronik termasuk Multiple Masters,
jenis huruf dan True Type diidentifikasi dan didiskusikan
3.
Teks diedit (ditekankan dan ditambahkan) dan disimpan dengan
menggunakan software yang telah dipilih
4.
Elemen teks digabungkan ke dalam rangkaian multimedia yang
telah dipilih
5.
Teks diuji dan dijalankan sebagai bagian dari tampilan
multimedia
6.
Teks dipublikasikan secara elektronik sesuai dengan pekerjaan
yang dilaksanakan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat media
interaktif
2.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
filter input nama pengguna
3.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
filter input password
Pertemuan
4 :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman petunjuk media interaktif
2.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman pengantar media interaktif
3.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman sumber media interaktif
4.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman penyusun media interaktif
Pertemuan
5 :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman materi media interaktif
2.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat
halaman latihan media interaktif
3.
Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah membuat halaman
evaluasi media interaktif
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.
Prinsip-prinsip
tipografi
2.
Pembuatan teks
untuk keperluan multimedia
3.
Pembuatan Media
Interaktif
4.
Pembuatan filter input nama pengguna dan password
Pertemuan 4 :
1.
Langkah-langkah membuat halaman petunjuk media interaktif
2.
Langkah-langkah membuat halaman pengantar media
interaktif
3.
Langkah-langkah membuat halaman sumber media interaktif
4.
Langkah-langkah membuat halaman penyusun media interaktif
Pertemuan 5 :
5.
Langkah-langkah membuat halaman materi media interaktif
6.
Langkah-langkah membuat halaman latihan media interaktif
7.
Langkah-langkah membuat halaman evaluasi media interaktif
III.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode Pembelajaran Langsung
2.
Tanya jawab
3.
Praktikum
4.
Pemberian Tugas
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
3 :
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
· Guru menyampaikan indikator hasil
belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu:
memberikan penjelasan tentang langkah-langkah membuat media interaktif
menggunakan program Flash
· Guru memotivasi Peserta didik dengan
memberikan contoh media interaktif menggunakan program Flash
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
405 menit
|
Mendemonstrasikan pengetahuan
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat filter input nama pengguna
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat filter input password
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik
cara membuat media interaktif dengan
menggunakan program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
· Guru memeriksa pemahaman Peserta didik
tentang cara membuat media interaktif dengan
menggunakan program Flash
· Guru memberikan umpan balik terhadap
pemahaman Peserta didik
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
· Guru bersama Peserta didik merangkum
materi tentang langkah-langkah membuat media interaktif dengan menggunakan
program Flash
· Guru memberikan materi lanjutan berupa
evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
Pertemuan 4:
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
· Guru menyampaikan indikator hasil
belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu:
memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan halaman media
interaktif menggunakan program Flash
· Guru memotivasi Peserta didik dengan
memberikan contoh halaman media interaktif menggunakan Flash
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
430 menit
|
Mendemonstrasikan pengetahuan
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman petunjuk media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman pengantar media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman sumber media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman penyusun media interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik
cara membuat halaman media interaktif dengan menggunakan
program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
· Guru memeriksa pemahaman Peserta didik
tentang cara membuat halaman media
interaktif dengan menggunakan program Flash
· Guru memberikan umpan balik terhadap
pemahaman Peserta didik
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
· Guru bersama Peserta didik merangkum
materi tentang langkah-langkah membuat halaman media interaktif dengan
menggunakan program Flash
· Guru memberikan materi lanjutan berupa
evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
Pertemuan 5:
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
10 menit
|
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
· Guru menyampaikan indikator hasil
belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu:
memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembuatan halaman media
interaktif menggunakan program Flash
· Guru memotivasi Peserta didik dengan
memberikan contoh halaman media interaktif menggunakan Flash
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
430 menit
|
Mendemonstrasikan pengetahuan
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman materi media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman latihan media interaktif
· Guru menjelaskan langkah-langkah
membuat halaman evaluasi media interaktif
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik
cara membuat halaman media interaktif dengan menggunakan
program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
· Guru memeriksa pemahaman Peserta didik
tentang cara membuat halaman media
interaktif dengan menggunakan program Flash
· Guru memberikan umpan balik terhadap
pemahaman Peserta didik
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
10 menit
|
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan
penerapan
· Guru bersama Peserta didik merangkum
materi tentang langkah-langkah membuat halaman media interaktif dengan
menggunakan program Flash
· Guru memberikan materi lanjutan berupa
evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah
|
V.
SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.
Buku tentang Flash (Tutorial membangun multimedia interaktif:
Media pembelajaran, penerbit universitas Atma Jaya Yogyakarta. Halaman
43-76)/buku sejenis
2.
Program Macromedia Flash MX/Macromedia Flash 8/Adobe Flash
CS3
3.
Komputer/laptop
4.
LCD proyektor
VI.
PENILAIAN
1.
Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.
Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat
melaksanakan praktik
3.
Tugas rumah, download contoh media interatif menggunakan
Flash
Krian,
21 Juli 2011
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Drs. DWI PRASETIYA
NIP.
19580111 198603 1 005
|
Guru Bidang Studi
FAJAR INGGIT, S.KOM
|
No comments:
Post a Comment