Saturday, 25 May 2013

Contoh RPP Menguasai cara menggambar Kunci untuk Animasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : SMK Krian 2
Mata Pelajaran            : Produktif Multimedia
Kelas / Semester         : XI / 1
Pertemuan ke             : 1 dan 2
Alokasi Waktu             : 16 jam pelj. x 45 menit 
Standar kompetensi     : Menguasai cara menggambar Kunci untuk
  Animasi
Kompetensi dasar        : 8.1. Mengidentifikasi syarat-syarat animasi

*        INDIKATOR
1.   Identifikasi syarat animasi storyboard, layout dan instruksi sutradara atau lembaran kamera yang sesuai.
2.   Identifikasi semua syarat animasi yang relevan dari pecahan waktu dan suara.

  I.      TUJUAN PEMBELAJARAN
          Pertemuan 1 :
1.     Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat symbol button
2.     Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan common libraries buttons
3.     Peserta didik dapat menjelaskan cara menyisipkan suara dalam tombol.

Pertemuan 2 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan panel action
2.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan tombol add pada panel action
3.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan script assist
4.   Peserta didik dapat menjelaskan cara memberikan action pada tombol
5.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan action GoTo
6.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan action LoadMovie
7.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan action GotoAndPlay dan GotoAndStop
8.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan timeline control


II.   MATERI PEMBELAJARAN
          Pertemuan 1 :
1.     Syarat-syarat animasi
2.     Cara membuat Symbol button
3.     Common libraries button
4.     Menyisipkan suara dalam tombol

Pertemuan 2 :
1.   Panel Action
2.   Menggunakan Script assist
3.   Memberikan Action pada tombol
4.   Menggunakan Action GoTo, GotoAndPlay dan GotoAndStop
5.   Menggunakan action LoadMovie
6.   Menggunakan Timeline Control

III.    METODE PEMBELAJARAN
1.     Metode Pembelajaran Langsung
2.     Tanya Jawab
3.     Praktikum
4.     Pemberian Tugas

IV.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang membuat symbol button pada program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh symbol button dalam animasi Flash di dunia multimedia

2.
Kegiatan Inti
115 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan cara membuat symbol button
·      Guru menjelaskan cara menggunakan common libraries buttons
·      Guru menjelaskan cara menyisipkan suara dalam tombol
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara menggunakan symbol button dalam animasi program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara menggunakan symbol button dalam animasi program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara membuat symbol button dalam animasi program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


Pertemuan 2 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang penggunaan action script pada program Flash
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh penggunaan action script pada program Flash di dunia multimedia

2.
Kegiatan Inti
205 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan cara menggunakan panel action
·      Guru menjelaskan cara menggunakan tombol add pada panel action
·      Guru menjelaskan cara menggunakan script assist
·      Guru menjelaskan cara menggunakan action script pada tombol
·      Guru menjelaskan cara menggunakan action GoTo
·      Guru menjelaskan cara menggunakan action LoadMovie
·      Guru menjelaskan cara menggunakan action GotoAndPlay dan GotoAndStop
·      Guru menjelaskan cara menggunakan timeline control
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara menggunakan action script dalam animasi program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara penggunaan action script dalam animasi program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara menggunaan action script dalam animasi program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


V.    SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.   Buku tentang Flash (Mahir dalam 7 hari: Adobe Flash CS3 Profesional, penerbit ANDI. Halaman 121-128)/buku sejenis
2.   Program Macromedia Flash MX/ Macromedia Flash 8/Adobe Flash CS3
3.   Komputer/laptop dan LCD proyektor

VI.  PENILAIAN
1.   Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.   Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat melaksanakan praktik
3.   Tugas rumah, download contoh symbol button dan contoh action script pada program Flash dari internet





Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs. DWI PRASETYA
NIP. 19580111 198603 1 005
Krian,  Agustus 2010

Guru Bidang Studi




M.QOMARUDIN ZUHRIa,S.Kom











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah            : SMK Krian 2
Mata Pelajaran            : Produktif Multimedia
Kelas / Semester         : XI / 1
Pertemuan ke             : 3 dan 4
Alokasi Waktu             : 16 jam pelj. x 45 menit 
Standar kompetensi     : Menguasai cara menggambar Kunci untuk
  Animasi
Kompetensi dasar        : 8.2. Membuat gambar kunci


*        INDIKATOR
1.   Dibuat gambar kunci yang mencerminkan :
-       Detail garis besar dalam storyboard dan layout
-       Instruksi sutradara
-       Camera sheet
-       ‘action’ seperti yang digariskan dengan waktu
-       Mengikuti pecahan soundtrack ketika membuat gambar
2.   Dibuat gambar kunci secukupnya untuk menetapkan ‘action’ dan meyakinkan bahwa gambar-gambar itu standar yang ditetapkan oleh desain/model
3.   Dibuat gambar kunci yang masih dalam batasan produksi

  I.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi teks blur
2.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi teks expand
3.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi teks explode
4.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi teks drop shadow
Pertemuan 4 :
1.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi bintang blur
2.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi bintang berputar
3.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi transition
4.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat animasi bola kaca

II.       MATERI PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 :
1.     Gambar kunci dalam pembuatan animasi
2.     Membuat animasi teks blur, expand, explode dan drop shadow
Pertemuan 4 :
1.   Gambar kunci dalam pembuatan animasi
2.   Membuat animasi objek
3.   Membuat animasi transition

III.    METODE PEMBELAJARAN
1.     Metode Pembelajaran Langsung
2.     Tanya Jawab
3.     Praktikum
4.     Pemberian Tugas

  IV.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
  Pertemuan 3 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
10 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang pembuatan animasi teks pada program Flash di dunia multimedia
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh aniamsi teks pada program Flash di dunia multimedia

2.
Kegiatan Inti
205 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi teks blur
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi teks expand
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi teks explode
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi teks drop shadow
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat animasi teks dalam animasi program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara pembutan animasi teks pada program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
10 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara pembuatan animasi teks pada program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


Pertemuan 4 :
1.
Kegiatan Pendahuluan
45 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang pembuatan animasi objek pada program Flash di dunia multimedia
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh animasi objek pada program Flash di dunia multimedia

2.
Kegiatan Inti
405 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi bintang blur
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi bintang berputar
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi transition
·      Guru menjelaskan cara membuat animasi bola kaca
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara membuat animasi objek dalam animasi program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara pembutan animasi objek pada program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
90 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara pembuatan animasi objek pada program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


 V.   SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.   Buku tentang Flash (Mahir dalam 7 hari: Adobe Flash CS3 Profesional, penerbit ANDI. Halaman 171-176)/buku sejenis
2.   Program Macromedia Flash MX/ Macromedia Flash 8/Adobe Flash CS3
3.   Komputer/laptop dan LCD proyektor

  VI.    PENILAIAN
1.     Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.     Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat melaksanakan praktik
3.     Tugas rumah, download contoh animasi teks dan objek pada program Flash dari internet





Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs. DWI PRASETYA
NIP. 19580111 198603 1 005
Krian,  Agustus 2010

Guru Bidang Studi




M.QOMARUDIN ZUHRI,S.Kom

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah            : SMK Krian 2
Mata Pelajaran            : Produktif Multimedia
Kelas / Semester         : XI / 1
Pertemuan ke             : 5
Alokasi Waktu             : 16 jam pelj. x 45 menit 
Standar kompetensi     : Menguasai cara menggambar Kunci untuk
  Animasi
Kompetensi dasar        : 8.3. Mengatur dan melengkapi gambar kunci


*        INDIKATOR
1.   Gambar kunci dikoreksi setelah dilihat oleh personil yang relevan
2.   Labelisasi gambar kunci pecahan animasi dengan jelas, yang menunjukkan pemindahan diantara gambar
3.   Gambar kunci diidentifikasi secara jelas dan disimpan dengan aman

  I.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menguji hasil movie flash
2.   Peserta didik dapat menjelaskan cara mempublikasikan movie HTML
3.   Peserta didik dapat menjelaskan cara mempublikasikan player movie
4.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat file GIF
5.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat file JPEG
6.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat file PNG
7.   Peserta didik dapat menjelaskan cara membuat file EXE
8.   Peserta didik dapat menjelaskan cara menampilkan format publising
9.   Peserta didik dapat menjelaskan cara mengekspor movie dan image

II.   MATERI PEMBELAJARAN
1.   Mempublish flash movie
2.   Membuat file GIF, JPEG, PNG, EXE
3.   Menngekspor movie dan image

III.       METODE PEMBELAJARAN
1.     Metode Pembelajaran Langsung
2.     Tanya Jawab
3.     Praktikum
4.     Pemberian Tugas

  IV.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
45 menit

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan Peserta didik
·      Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan pembelajaran hari ini, yaitu: memberikan penjelasan tentang pempublikasian flash movie pada program Flash di dunia multimedia
·      Guru memotivasi Peserta didik dengan memberikan contoh pempublikasian flash movie pada program Flash di dunia multimedia

2.
Kegiatan Inti
540 menit

Mendemonstrasikan pengetahuan
·      Guru menjelaskan cara menguji hasil movie flash
·      Guru menjelaskan cara mempublikasikan movie HTML
·      Guru menjelaskan cara mempublikasikan player movie
·      Guru menjelaskan cara membuat file GIF
·      Guru menjelaskan cara membuat file JPEG
·      Guru menjelaskan cara membuat file PNG
·      Guru menjelaskan cara membuat file EXE
·      Guru menjelaskan cara menampilkan format publising
·      Guru menjelaskan cara mengekspor movie dan image
Membimbing pelatihan
Guru membimbing praktek Peserta didik cara pempublikasian flash movie pada program Flash
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·      Guru memeriksa pemahaman Peserta didik tentang cara pempublikasian flash movie pada program Flash
·      Guru memberikan umpan balik terhadap pemahaman Peserta didik

3.
Kegiatan Penutup
90 menit

Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·      Guru bersama Peserta didik merangkum materi tentang cara pempublikasian flash movie pada program Flash
·      Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi dan tugas untuk dikerjakan dirumah


 V.   SUMBER, BAHAN DAN ALAT BELAJAR
1.   Buku tentang Flash (Mahir dalam 7 hari: Adobe Flash CS3 Profesional, penerbit ANDI. Halaman 151-170)/buku sejenis
2.   Program Macromedia Flash MX/ Macromedia Flash 8/Adobe Flash CS3
3.   Komputer/laptop dan LCD proyektor

  VI. PENILAIAN
1.     Tes teori (tertulis) bentuk essay
2.     Tes praktek untuk melihat keterampilan proses dan sikap saat melaksanakan praktik
3.     Tugas rumah, download contoh animasi bentuk EXE dan GIF dari internet









Mengetahui
Kepala Sekolah




Drs. DWI PRASETYA
NIP. 19580111 198603 1 005
Krian,  Agustus 2010

Guru Bidang Studi




M.QOMARUDIN ZUHRI,S.Kom


No comments:

Post a Comment

Domain&Hosting Murah